Jodohku bukan DIA




Aku  merasakan hal yang berbeda ketika ia hadir. Ia menyentuh seluruh hatiku. Ia datang dikala aku membutuhkannya. Apakah ini yang dinamakan jatuh cinta?. Baru kali ini aku berani menyatakan cinta yang sejak lama aku sudah pernah jatuh cinta pada seorang lelaki tapi aku tak sanggup, tak bisa mengungkapkan isi hatiku padanya.
“Cinta..dimanakah kau berada rindu hati ingin jumpa….hanya lewat nada..”, petikan syair lagu yang menadakan isyarat apa yang ingin kuungkapkan padamu.
            Aku membaca catatan di wall fb nya teman:

Ketika si dia pergi darimu
Ketika dia pergi jangan engkau tangisi
Ketika dia pergi jangan engkau sesali
Jikalau pun dia pergi jangan rendahkan harga diri
Ketika si dia pergi jangan harapkan kembali
Juga jangan emosi
Jangan pernah sakit hati apalagi frustasi

KARENA
Dia pergi untuk diganti
Dia pergi ada yang leebih baik lagi
Dia pergi untuk menguatkan hati
Dia pergi melatih bangkit lagi
Dia pergi hanya untuk menguji diri
Dia pergi mengangkat derajat kita padi Illahi Robbi
Dia pergi bukan akhir segalanya

YAKINLAH
Suatu hari Allah
Memberi ganti dia yang pergi dengan sosok yang lain meski
Tak serupa dan tak sama
Ambil hikmah dari kepergiannya..
Terimalah yang akan datang
Dengan tangan terbuka dan hati berlapang dada
Karena kebahagiann itu bukan dengan siapa kita menjalani hidup
TAPI
Bagaimana kita menjalani hidup
Meskipun tanpa si dia

Robbi engkaulah yang menguatkan aku…
Kusadari hidup hanya sementara dan fananya dunia ini membuatku bisa putus asa dan tak tahu arah, jika saja aku hanya mengejar dunia semata. Tentunya aku tak kan melakukan hal itu. Robbi, butiran air mata telah kuteteskan dalam setiap sujud panjangku hanya untuk mengharapkan pangeran yang sholeh itu. Tapi, benturan-benturan itu selalu datang ketika aku hendak memperbaiki diri, menambah amalan dan mengharapkan ridhoMu semata, selalu saja cobaan yang datang adalah berbentuk gangguan yang bernama LELAKI. Karena lelaki merupakan fitnah bagi seorang PEREMPUAN dan sebaliknya PEREMPUAN merupakan fitnah yang terbesar untuk LELAKI. Dan hukum fisika yang berkaitan dengan gaya magnet yaitu : kutub yang berlawanan akan selalu tarik-menarik dan kutub yang senama akan tolak-menolak. Perempuan-Lelaki memiliki kutub yang berbeda, keinginan yang berbeda, kebiasaan yang berbeda, cara menghadapi masalah yang berbeda dan begitu pula jatuh cinta. Perbedaan itulah yang membuat suatu hubungan itu menjadi indah seperti perhatian, kasih sayang, menasehati, merespon dan sebagainya. 

            Aku menutup diri untuk namanya laki-laki. Karena aku pernah mengharapkan seseorang, namun ia telah memberikan cintanya kepada perempuan lain yang perempuan tersebut masih aku kenal dekat, aku tak menyangka sama sekali. Tapi, mungkin saja itu adalah jodohnya bukan jodohku.
 
     Waktu terus berlalu hingga aku pun terlupa akan masalah yang namanya berkaitan dengan Lelaki. Hingga suatu saat seseorang laki-laki pun datang dan ia menaruh harapan bahwa ia menginginkan diriku kelak menjadi istrinya. Ia memberikan perhatian dan kebaikan-kebaikan yang lain dan ternyata dia telah mengamatiku sejak 2 tahun yang lalu. Ia menanyakan perihal diriku pada teman-teman terdekatku, tapi teman ku pun tak mau memberitahukan perihal tentang diriku kepadanya karena temanku tahu kriteria apa yang aku inginkan tuk menjadi pendampingku kelak. Akhirnya ia menemui seniorku yang aku juga cukup dekat denganku dan memberitahu perihal diriku kepadanya.

            Aku bersikap santai saja saat berhadapan dengannya, tapi ia adalah seniorku sendiri terkadang lebay terhadapku. Dan aku anggap saja itulah adalah bentuk perhatiannya terhadap juniornya dan tak lebih. Karena aku menganggapnya hanya sebagai seniorku not more. Karena aku berharap bertemu dengan orang yang belum pernah ku lihat sebelumnya, belum pernah kudengar suaranya dan bahkan berinteraksi melalui suatu kegiatan kepadanya. Sikapku yang santai dan terlihat lebih terbuka dengan teman terdekatku apalagi seniorku yang ku anggap sebagai kakak sendiri. Aku dan temanku punya motto dan sebenarnya agak aneh ya..hehe,”SENIOR ku = BUKAN SUAMI ku!. Oh no..!!. seperti momok saja bagi kami karena kami sudah tahu apa kelebihan dan kekurangannya jadi akan terasa hambar nantinya..(kayak masakan aja kali yee ^_^ ). Itulah aku.

            Namaku Hurin dan nama facebook ku Ukhti Nabilah Hurin yang artinya wanita bidadari syurga. Ya.., aku berharap akan menjadi wanita bidadari syurga kelak bersama suamiku yang menjadi seorang bidadaraku. Aku melakukan aktivitas masa depanku yang saat itu menuntutku untuk mondok di salah satu Ma’had yang ada di pulau Jawa. Dengan aku mondok dan berada di asrama maksimal 2,5 tahun itu mengharuskan aku untuk menunda pernikahan hingga target mondokpun selesai. Namun, kenyataan lain, konsentrasiku pun buyar ketika ia hadir dan selalu menghantui hidupku. Ia selalu menanyakan kabarku, kapan selesai mondoknya, dan bagaimana targetnya udah tinggal berpa lama lagi?. Aku tahu ia sedang mencari calon istri dan ia juga memiliki target akan menikah tahun ini juga walaupun kakaknya belum menikah dan ibunya meminta agar ia mendahului kakaknya dulu menikah baru dia boleh menikah.
            Aku juga sedikit banyak tahu permasalahan dia, karena aku sudah menganggapnya sebagai seorang kakak dan dia menganggapku sebagai seorang adik (itu hanya anggapanku semata) sementara di hatinya aku dianggapnya adalah calon isteri baginya. Aku selalu bertengkar layaknya adik dan kakak, ejek-ejekan, canda-candaan dan aku sering minta traktir makanan ke dia. Dia sangat baik malah. Tapi aku tidak tertarik kepadanya untuk menganggapnya lebih karena aku punya motto yang tadi telah aku sebutkan.

Lama kelamaan, aku mengetahui maksud hatinya, walaupun ia tidak menyampaikan secara langsung kepada ku atas namanya. Tapi ada sms yang menyatakan kepadaku, “Ana mencintaimu karena Alloh”, sms yang datang dari nomor asing yang tak pernah ku kenal dan kusimpan juga di phonebook ponselku. Cinta itu datang dengan tiba-tiba dan mengelayut sepi di setiap diri manusia dengan penuh rangkaian terjalin indah. Namun, jodoh belum tahu entah kapan akan hadir dan belum tentu orang yang telah lama mencari tahu tentang kita bahkan berniat menikahi kita itu adalah jodoh kita, karena jodoh adalah urusan Alloh dan selalu mintalah padanya yang terbaik.

Maafkan aku kak, karena tak bisa menerima cintamu. Aku hanya mengganggapmu sebagai seniorku dan juga teman ku untuk merintis aktivis di sekolah dan aku tak pernah dan tak bisa mengganggapmu lebih dari itu.
Dan setelah kejadian itu, 4 bulan kemudian undangan dan gosippun telah tersebar bahwa dia telah melamar seorang gadis yang telah menyelesaikan S-2 nya di kota Bogor. Wanita yang sholeh dan cantik pula. Beruntunglah ia mendapatkan yang terbaik baginya dan sekarang mereka hidup bahagia dan kabar yang ku dengar langsung dari seniorku bahwa istrinya telah hamil 7 bulan. Barakallah ya kak, semoga anakmu bisa menjadi aktivis yang menggelorakan negeri ini dan menjadi anak yang sholeh, aamiin.

Posting Komentar

1 Komentar